LOADING

Type to search

Intip sejarah Clash of Clans, game online global

Uncategorized

Intip sejarah Clash of Clans, game online global

Share

Game clash of clans yang dibuat oleh supercell ini tampaknya tidak akan pernah kehilangan penggemar dalam perjalanannya meskipun telah ada penandatanganan akuisisi oleh Tencent Holdings yang berlangsung pada 2016. Tencent adalah pengembang aplikasi QQ dan We Chat yang berbasis di Shenzen, Cina.

Sedangkan Supercell adalah perusahaan Finlandia yang mengembangkan game mobile. Paananen yang merupakan CEO supercell optimis di pasar game China, supercell akan mendapat tempat besar. Melalui channel Tencent, Supercell akan mampu menjangkau hati jutaan gamer disana.

Supercell memang sudah banyak melahirkan game-game ternama, salah satunya COC. Popularitas COC di seluruh dunia bukan tanpa cerita panjang dan berliku yang telah melaluinya. Jadi, jika Anda seorang gamer sejati, Anda harus tahu sejarah game online berkualitas ini.

Supercell Lunge Sebelum Clash Of Clans Hadir

Paananen adalah pendiri dan CEO supercell. Di dunia industri game, Paananen sudah memiliki nama yang sangat bagus. Pada tahun 2000, ia mendirikan game mobile Sumea di saat teknologi mobile masih sangat sederhana yaitu layarnya masih hitam putih.

Pada tahun 2004, Sumea diakuisisi oleh Digital Chocolate dan nama Sumea semakin besar. Ratusan karyawan menjadi miliknya. 5 eksekutif Sumea dan Paananen memutuskan untuk pergi pada 2010 dan mereka berhasil membangun Supercell, yang merupakan awal dari kisah sukses permainan COC hingga saat ini.

Pada awalnya, Supercell sama seperti perusahaan lain yang harus merintis teknologi game dengan sistem paling canggih dan berjuang untuk sukses. Mereka berhasil merilis sebuah game multiplayer pada tahun 2011 yaitu game Gunshine di Facebook. Namun, Gunshine dianggap terlalu rumit dan pada akhirnya tidak terlalu populer.

Paananen terpaksa memutar otak untuk menemukan strategi lain demi mendapatkan kepercayaan dari para pemain game online. Keputusan diambil dan Gunshine ditutup. Paananen saat itu mengungkapkan bahwa mereka memiliki tim dengan pengalaman yang sangat panjang alias lebih dari sepuluh tahun namun belum menghasilkan apa-apa.

Kelahiran Clash Of Clans dan 4 Game Dikembangkan oleh Supercell

Pada 2012 supercell mengembangkan 5 game. Tapi 3 dari mereka mendapat peringkat buruk dan akhirnya tidak diluncurkan. 2 game tersebut telah dirilis yaitu Hay Day dan Clash Of Clans (COC). Kedua game tersebut berfokus pada perangkat seluler.

Keputusan yang diambil saat itu sangat tepat karena smartphone memang sudah sangat dominan di era teknologi yang semakin canggih. Peran smartphone sangat besar untuk kesuksesan supercell. Smartphone bahkan dijual dalam jumlah 1,24 miliar pada tahun 2014 dan juga berkontribusi pada keberhasilan pemasaran game mereka.

Kedua game yang diluncurkan tersebut membawa hasil yang sangat besar bagi supercell dan khususnya COC. Game strategi ini membuat pemainnya ketagihan karena asyik dimainkan. Untuk menjangkau sebanyak mungkin orang, COC dapat dimainkan secara gratis. Pemain juga dapat membeli fitur dalam game ini.

Tidak sedikit gamer yang bahkan merogoh kocek besar untuk membeli fitur COC. Dari cerita Supercell, bahkan ada pemain yang menghabiskan 1.600 poundsterling tiap bulannya. Hingga 2017, COC berhasil menempati posisi teratas di antara aplikasi Android dan iOS lainnya.

Meski kini sudah banyak kompetitor berkualitas yang juga berhasil merebut hati para gamer online, COC tetap saja memiliki penggemarnya. Pada dasarnya, setiap gamer memiliki selera permainan online yang menurut mereka menyenangkan untuk dimainkan, tidak terkecuali Clash Of Clans.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *