LOADING

Type to search

Esports Tournaments Yang Memberikan Hadiah Terbesar dalam Sejarah

Uncategorized

Esports Tournaments Yang Memberikan Hadiah Terbesar dalam Sejarah

Share

Beberapa turnamen esports bergengsi menjanjikan hadiah puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sehingga olahraga elektronik semakin dilirik oleh dunia internasional dan lokal. Di Indonesia, pemerintah telah mendukung kompetisi permainan ini. Misalnya dengan memegang Piala Presiden untuk olahraga elektronik.

Adapun dunia internasional, banyak turnamen besar telah diadakan sejak tahun 2000-an. Ini tentu terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi. Selama bertahun-tahun, banyak penyelenggara acara berlomba untuk membuat turnamen terbesar dan paling bergengsi. Turnamen berikut memberikan hadiah biliar terbesar dalam sejarah game dunia.

Kejuaraan Dunia League of Legend (LoL) 2018

Turnamen ini adalah puncak permainan ini untuk setiap musim. Popularitas turnamen ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Ini bisa dilihat dari jumlah pemirsa yang ditentukan paling banyak selama 2018. Jumlahnya mencapai 74,3 juta pemirsa. Ini termasuk pemirsa streaming langsung melalui Twith dan Youtube.

Popularitas LoL juga diakui dengan mendapatkan penghargaan Acara Esports Terbaik dari 2018 Game Awards. Total hadiah dari turnamen ini adalah US $ 6,4 juta. Tim Cina, Invictus Gaming, memenangkan Summoner Cup dan mengalahkan tim Eropa di grand final. Hadiah yang dibawa pulang oleh Invictus Gaming adalah US $ 800 ribu.

Fortnite Fall Skirmish 2019

Turnamen, yang dimulai pada 21 September 2019, memiliki musim 6 minggu. Epic Games sebagai penyelenggara membelanjakan US $ 10 juta untuk hadiah kolam renang. Ketika dikonversi ke waktu itu sekitar Rp.143 miliar. Tidak hanya Fortnite diperebutkan, Showdown Royale juga termasuk dalam salah satu kategorinya.

Turnamen untuk Showdown Royale diadakan pada awal Oktober, 2019. Di turnamen Fortnite musim gugur ini, hanya 5 tim yang bisa bermain. Tim ini dibentuk dari berbagai pemain yang dipilih. Ada kategori solo atau duo yang bersaing di 2019 Fortnite Fall Skirmish.

International 9 Dota 2

Valve sebagai penyelenggara turnamen esports The International 9 Dota 2 bukanlah pihak yang menyediakan hadiah utama. Total hadiah itu sendiri adalah hasil pengumpulan dana dari pembelian barang-barang dari para pemain Dota. 25% dari dana yang terkumpul akan menjadi total hadiah untuk turnamen. Total hadiah itu sendiri sekitar US $ 32 juta.

OG, tim Eropa, mengalahkan Team Liquid di grand final turnamen. Hadiah yang diterima oleh pemenang teratas mencapai US15,5 juta. Jika dikonversi menjadi Rp222 miliar. OG juga berhasil membawa Aegis of Champions ke kemenangan dengan skor 3-1 dari Team Liquid.

Piala Dunia Fortnite 2019

Piala Dunia Fortnite 2019 adalah turnamen dengan hadiah biliar terbesar dalam sejarah olahraga elektronik. Hadiah yang diberikan berjumlah US $ 40 juta. Kisarannya Rp.572 miliar jika dikonversi ke rupiah. Turnamen dibuka dengan Kualifikasi Terbuka yang diadakan dari 13 April hingga 16 Juni 2019, US $ 1 juta menjadi kumpulan hadiah mingguan.

Baca juga: Esports di Indonesia tumbuh dan menjanjikan

Hingga babak final, ada kategori solo dan duo yang dimainkan. Di kategori solo, Kyle "Bugha" berhasil membawa hadiah sebesar Rp42 miliar untuk kemenangannya. Sedangkan kategori duo dimenangkan oleh Emil "Nyhrox" dan David "Aqua". Keduanya juga membawa total hadiah sebesar Rp42 miliar.

Hadiah kolam renang yang diberikan oleh turnamen bergengsi memang tinggi. Beberapa turnamen juga memiliki hadiah jutaan dolar seperti empat acara di atas. Misalnya Halo World Championship 2016 dengan total hadiah US $ 2,5 juta. Selain itu, ada Smite World Championship 2018 yang memiliki hadiah total US $ 2 juta untuk para pemenang turnamen esports.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *